Friday, October 14, 2011

Pentingnya Pikir Positif

Udah lama sebenernya pengen ngepost ini tulisan, tapi ngga sempet-sempet, maklum anak kelas 9 ;D. Sibuk les tambahan and PM #lupakan sejenak. 

Ini tulisan sebenarnya 99% pengalaman pribadi u,u. Ada juga pengalaman teman-teman sebangsa dan setanah air #nggak ding :D hahaha. 

Awkay dari pada kebanyakan kata sambutan, langsung aja....

check it out......



Yang namanya pikir positif dalam kehidupan tuh ya penting banget lah. Bayangin deh kalo kamu-kamu semua selalu pikir negatif misalnya, selalu mikir kalo orang-orang nggak suka sama kamu, atau mikir kalo temen kamu lagi ngomongin kamu. Yang ada otak kamu malah panas, hati kamu nggak enak, mikir nggak jelas, terus kalo ketemu tuh temen pasang muka jutek. Masih untung ya dijutekin sadar, kalo nggak?? kelaut aja lo -__-
Aku punya temen namanya yaa anggep aja si Mawar. Nah si Mawar ini tuh cukup deket sama aku. Kalo nggak salah waktu itu kita lagi duduk-duduk di teras kelas. Trus mawar ngomong ke aku, dan terjadilah percakapan sebagai berikut, *jeng jeng jeng jeng*
Mawar : " Eh Sin, tadi aku denger si Melati sama si Aster (nama samaran lagi lo ini) lagi ngomongin kamu "
Meh : " Oh yaa? mereka ngomngin apa emang? "
Mawar : " Nggak tau kayanya ngejelek jelekin kamu,meraka bla bla bla.... "
Me : " Oh "
Mawar : " Kamu nggak marah Sin? "
Kenapa mesti marah ?? Yang mereka omongin aja aku nggak tau kan? aku juga nggak dengar secara langsung. Dulu sih aku emang suka marah kalo aku denger dikit aja aku denger orang ngomongin aku, tuh orang bakal tak jutekin,ekekekkkk
Tapi seiring berjalannya waktu, semakin mematangkan pikiran #wehhh. Yaa semakin kesini pikiran aku semakin terbuka. Aku mulai bisa ambil sikap yang benar, yang nggak kekanak-kanakan lagi. Kenapa mesti jutekin orang ?. Kalo mereka ngomong pasti ada asal muasal, sebab-sebab. Untuk itu pertamanya aku cari tau emang kesalahan ku sama mereka apa, kalo misalnya aku nggak ngerasa salah yaudah lah, mungkin emang merekanya aja yang kaya gitu. Tapi kalo emang ada sikap atau omongan aku yang nggak enak, itu pasti bakal aku rubah kok, pasti bakal aku benerin lagi. Dan semua itu dilakuin dengan pikiran yang dingin yang positif.
Pikir positif juga bikin kita lebih tenang, bikin kita lebih bahagia. Bahkan bikin sebuah persahabtan jadi indah. Nggak cepet tua juga karena mikir-mikir yang nggk penting, yang ngeberat-beratin pikiran :D. 

Oh yaa sekarang juga kalo aku lagi kesel sama temen karena ada sikapnya dia yang ngeselin, aku bakal cepet-cepet mikir nilai positif yang ada dari dia. Ternyata tuh cara sukses ngeredam kekesalan ;)). Terkadang yang kita ingat dari temen tuh cuma negatifnya doang, positifnya hilang entah keamana. Padahal percaya deh banyak kok sikap dan sifat positif dari temen kita, cuma kitanya aja yang nggak sadar, trus ngomongin negatifnya ke orang-orang, buka aib temenya sendiri.
Sekarang balik kekitanya dulu deh udah bener apa nggak, malu dong kalo kita lebih jelek dari yang kita omongin. Koreksi dulu diri kita sendiri, jangan asal ngejudge orang sembarangan, kita itu punya sikap yang beda-beda, jaga masing-masing, nggak usah ngejek orang kalo kamu juga belum benar.

Efek berpikir positif ini juga nggak nanggung-nanggung. Dari penelitian Goodhart (1985) dari 173 mahasiwa ditemuin bahwa kalo berpikir positif punya hubungan yang sangat signifikan dengan kondisi psikologis yang positif, dan tidak berhubungan dengan efek negatif. Orang yang mikirnya selalu positif tinngi menunjukan tingkat psikologis yang lebih positif, antara lain dilihat dari efek, harga diri, kepuasan umum dan kepuasan yang bersifat khusus.
Kalo dikaitin sama stres, berpikir positif dianggap cara yang sangat baik untuk mengatasinya. Peale dan Taylor (dalam penelitian Goodhart 1985) menemukan bahwa berpikir positif merupakan strategi yang baik dalam menghadapi stres. Chaerani (1995) juga menemukan hasil yang sama. Terhadap 173 siswa remaja di SMA 1 cirebon melaporkan adanya hubungan yang signifikan antara berpikir positif dengan harga diri dan daya tahan dalam menghadapi stres.
Beberapa penelitian di atas menunjukkan bahwa berpikir positif mempunyai pengaruh yang positif terhadap kondisi psikologis, daya tahan terhadap stres, kesehatan fisik dan merupakan metode yang baik untuk menghadapi stres.

 
Penelitian juga menemukan adanya efek yang negatif dari berpikir positif dalam situasi tertentu. Berpikir positif kurang tepat bila diterapkan pada situasi yang menuntut untuk berprestasi karena individu yang berpikir positif menunjukkan prestasi yang kurang baik dibandingkan dengan yang berpikir negatif. Hal ini disebabkan karena individu yang bepikir negatif cenderung berusaha keras dan memiliki motivasi yang kuat untuk menghindari hasil yang buruk. Sebaliknya individu yang berpikir negatif menjadi kurang termotivasi untuk berusaha keras karena tingkat kekecewaan mereka rendah. Berpikir positif juga menyebabkan seseorang menjadi kurang kritis dan kurang peduli terhadap kekurangan mereka sehingga prestasi tidak tercapai (Goodhart, 1985). Hal ini menunjukkan bahwa apabila berpikir positif dihubungkan dengan kemampuan seseorang, maka akan menimbulkan akibat yang negatif, karena ketika berhadapan dengan tugas tertentu yang memerlukan kemampuan tertentu maka yang dituntut adalah kemampuan riil. Berpikir positif terhadap kemampuan seseorang dapat menyebabkan orang tersebut selalu menilai diri, lebih over estimate terhadap kemampuan dan tidak peduli dengan kekurangan yang dimiliki.

Nah looo? Ada efek positif sama negatifnya, tapi yaa balik lagi, kita harus ngambil positifnya aja yaaa….


Intinya tuh yaa si positif ini emang bikin hidup bahagia :DD

Salam positif


M-S-D

No comments:

Post a Comment